Tautan-tautan Akses

Malta Tangkap Seorang Pengusaha Terkait Pembunuhan Wartawan


Kapal pesiar "Gio" milik pengusaha terkemuka Malta Yorgen Fenech, digeledah pihak berwenang Malta, Rabu pagi, 20 November 2019.

Pihak berwenang Malta, Rabu (20/11), menangkap seorang pengusaha terkemuka di negara itu yang tampaknya merupakan orang yang dianggap terlibat dalam pembunuhan seorang wartawan investigasi.

Yorgen Fenech ditangkap saat berada di atas kapal pesiarnya saat berlayar menjauhi Malta. Militer Malta mencegatnya, Rabu pagi (20/11), dan memaksa kapal itu kembali ke pelabuhan.

PM Malta, Joseph Muscat.
PM Malta, Joseph Muscat.

Dalam keterangannya kepada wartawan, PM Joseph Muscat tidak secara langsung mengaitkan penangkapan itu dengan pembunuhan Daphne Caruana Galizia, wartawan berusia 53 tahun, pada Oktober 2017. Meski demikian, ia mengatakan, penangkapan itu memiliki kaitan dengan pernyataan sebelumnya mengenai kemungkinan pemberian pengampunan terhadap seorang tersangka perantara yang bersedia mengungkap identitas dalang pembunuhan dengan bom mobil itu.

Belum ada rincian dakwaan yang diajukan terhadap Fenech yang diungkapkan ke publik, dan pihak berwenang memiliki waktu 48 jam untuk memutuskan apa saja dakwaan-dakwaan itu.

Fenech adalah pemilik perusahaan 17 Black, pemilik sebagian perusahaan energi Electrogas Consortium, dan CEO Tumas Fenech Group. Namanya tercantum dalam dokumen Panama, yang mengungkap praktik pencucian uang dan penggelapan pajak yang dilakukan sejumlah nama besar di dunia. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG