Tautan-tautan Akses

Mahkamah Agung AS Izinkan Idaho untuk Melarang Perawatan Penegasan Gender Bagi Anak di Bawah Umur


Gedung Mahkamah Agung AS di Washington dalam foto yang diambil pada 4 Oktober 2018. (Foto: AP/Manuel Balce Ceneta)
Gedung Mahkamah Agung AS di Washington dalam foto yang diambil pada 4 Oktober 2018. (Foto: AP/Manuel Balce Ceneta)

Mahkamah Agung AS mengizinkan negara bagian Idaho untuk sementara waktu melarang perawatan penegasan gender bagi transgender di bawah umur. Langkah pengadilan pada hari Senin (15/4) itu memastikan pemblokiran terhadap perawatan bagi anak di bawah umur, akan tetap berlaku selama proses gugatan hukum terhadap larangan tersebut masih berlangsung.

Idaho, yang kini bebas menegakkan larangannya terhadap perawatan untuk anak di bawah umur, dapat menjatuhkan tuntutan pidana kepada dokter yang mengabaikan larangan tersebut.

Perintah pengadilan berlaku untuk semua orang kecuali dua remaja transgender dan orang tua mereka yang menentang larangan tersebut.

Hakim Ketanji Brown Jackson, Sonia Sotomayor, dan Elena Kagan menentang pelarangan perawatan tersebut. Sementara Hakim Neil Gorsuch, Samuel A. Alito Jr, Clarence Thomas, Brett M. Kavanaugh, dan Amy Coney Barrett mendukung larangan tersebut.

Istilah medis untuk perawatan penegasan gender adalah disforia gender. Mayo Clinic mendefinisikan disforia gender sebagai "perasaan tidak nyaman atau tertekan yang mungkin terjadi pada orang yang identitas gendernya berbeda dari jenis kelamin yang ditetapkan saat lahir, atau karakteristik fisik yang berhubungan dengan jenis kelamin." [em/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG