Tautan-tautan Akses

Mahathir Mohamad Dilantik sebagai PM Malaysia setelah Kemenangan Mengejutkan


Mahathir Mohamad dalam konferensi pers di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (10/5).

Mantan pemimpin Malaysia, Mahathir Mohamad, dilantik Kamis (10/5) sebagai perdana menteri ke-7 negara itu setelah kemenangan mengejutkan dalam pemilihan sehari sebelumnya, sebuah prestasi yang membuatnya menjadi pemimpin terpilih tertua di dunia.

Mantan perdana menteri berusia 92 tahun yang dikenal karena pemerintahannya yang otoriter, dan koalisi partai oposisi, Aliansi Harapan, menggulingkan koalisi Barisan Nasional Perdana Menteri Najib Razak, yang memerintah Malaysia sejak kemerdekaan negara itu pada tahun 1957.

Upacara pelantikan di istana negara di Kuala Lumpur itu mengakhiri keraguan yang berlangsung sehari sementara desas-desus beredar koalisi Barisan Nasional akan berusaha untuk mempertahankan cengkeraman kekuasaannya.

Mahathir, mengenakan jubah hitam tradisional, sarung dan topi Islami, secara resmi dilantik oleh Raja Sultan Muhammad dalam upacara tradisional Melayu Muslim yang berusia berabad- abad.

Ratusan warga Malaysia berderet di tepi jalan menuju Istana sebelum upacara, melambai-lambaikan bendera partai dan bersorak-sorai.

Warga Malaysia di sebuah restoran bersorak-sorai menonton televisi saat Mahathir Mohamad dilantik sebagai PM Malaysia ke-7 di Kuala Lumpur, Kamis (10/5).
Warga Malaysia di sebuah restoran bersorak-sorai menonton televisi saat Mahathir Mohamad dilantik sebagai PM Malaysia ke-7 di Kuala Lumpur, Kamis (10/5).

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Heather Nauert menyampaikan ucapan selamat kepada rakyat Malaysia karena telah memberikan suara, dengan mengatakan mereka "ikut dalam proses pemilihan dalam jumlah besar secara damai dan dengan antusiasme tinggi." [sp/ds]

Recommended

XS
SM
MD
LG