Tautan-tautan Akses

Mahathir Mohamad, Koalisi Oposisi Menangkan Pemilu Parlemen Malaysia


Mahathir Mohamad tersenyum dalam konferensi pers di Kuala Lumpur, Malaysia, 10 Mei 2018.
Mahathir Mohamad tersenyum dalam konferensi pers di Kuala Lumpur, Malaysia, 10 Mei 2018.

Mantan PM Malaysia berusia 92 tahun, Mahathir Mohamad, mencengangkan dunia dengan bangkit dari masa pensiun dan memenangkan pemilu Parlemen Malaysia, Rabu (9/5).

Mahathir bersama koalisi oposisi yang dipimpinnya Pakatan Harapan mengalahkan koalisi Barisan Nasional yang telah memerintah di Malaysia sejak negara itu merdeka tahun 1957.

PM Najib Razak mengakui kekalahannya, Kamis (10/5), dengan mengatakan bahwa ia dan para sejawatnya menerima keputusan rakyat Malaysia. Najib mengatakan tidak ada satupun partai yang meraih mayoritas kursi di parlemen sehingga terserah sultan negara itu dalam memilih perdana menteri berikutnya.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Heather Nauert(Foto: dok).
Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Heather Nauert(Foto: dok).

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Heather Nauert mengucapkan selamat kepada rakyat Malaysia atas partisipasi mereka dalam pemilihan itu. Ia mengatakan semua pihak dan rakyat Malaysia dengan berbagai latar belakang terlibat dalam proses pemilihan secara damai dan dengan antusiasme besar.

Perdana Menteri Najib Razak belakangan ini dirundung kesulitan terkait tindakannya memberlakukan pajak penjualan yang terutama berdampak pada penduduk pedesaan dan skandal korupsi yang diberitakan menyedot miliaran dolar dari badan investasi negara yang diawasinya.

Najib menyangkal berbuat salah. Mahathir mengatakan ia tidak akan melakukan pembalasan terhadap musuh-musuh politiknya tetapi berjanji akan memulihkan hukum dan ketertiban. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG