Tautan-tautan Akses

Mahathir Kepada PM Termuda di Dunia: ‘Minta Saran dari Orang Tua’


Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dalam Forum Ekonomi Timur di Vladivostok, Rusia, 5 September 2019. (Foto: AFP)

Mahathir Mohamad, perdana menteri tertua di dunia yang masih aktif menjabat, punya nasihat untuk Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin yang juga perdana menteri termuda di dunia. Kata Mahathir akan lebih baik bila Marin meminta nasihat “dari orang tua.”

Marin yang berusia 34 tahun adalah kandidat satu-satunya untuk posisi terpenting di pemerintah negara itu setelah Antti Rinne mengundurkan diri. Rinne mundur setelah partai dalam koalisi yang berkuasa di Finlandia menjatuhkan mosi tidak percaya terhadap Rinne.

“Meski kami percaya pada idealisme orang muda, penting sekali bagi mereka untuk mempertimbangkan pengalaman orang tua,” kata Mahathir, yang berusia 94 tahun, saat diwawancarai Reuters.

“Maka akan ada kombinasi dari keduanya. Dan itu akan bagus.”

Kandidate Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin di Helsinki, Finlandia, 8 Desember 2019.
Kandidate Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin di Helsinki, Finlandia, 8 Desember 2019.

Karier Marin di dunia politik Finlandia meroket sejak menjadi ketua dewan kota di kota asalnya, Tempere, saat baru berusia 27 tahun. Dia mengambil alih tampuk pimpinan di tengah gelombang mogok yang akan berlangsung tiga hari. Mogok kerja itu menghentikan kegiatan produksi di beberapa perusahaan terbesar di Finlandia sejak Senin (9/12).

Mahathir secara tak terduga memimpin oposisi memenangkan pemilu pada Mei tahun lalu. Ini adalah kali kedua Mahathir menjabat sebagai perdana menteri. Sebelumnya Mahathir menjadi perdana menteri selama 22 tahun, dari 1981 hingga 2003. [ft]

XS
SM
MD
LG