Tautan-tautan Akses

PM Baru Finlandia akan Jadi Pemimpin Termuda di Dunia


Calon Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin tersenyum setelah memenangkan suara dari Partai Demokratik Sosial untuk nominasi perdana menteri, melawan Antti Lindtman, di Helsinki, Finlandia, 8 Desember 2019.

Partai Demokratik Sosial yang berkuasa, Minggu (8/12), memilih Menteri Transportasi berusia 34 tahun untuk menjadi Perdana Menteri Finlandia yang baru.

Sanna Marin akan menjadi perdana menteri termuda di dunia ketika resmi menjabat nanti. Marin menyisihkan Perdana Menteri Ukraina Oleksiy Honcharuk yang berusia 35 tahun.

Marin enggan menjawab pertanyaan mengenai usianya. Dia mengatakan "Saya tidak pernah memikirkan tentang usia atau gender saya. Saya memikirkan alasan terjun ke politik dan hal-hal yang membuat kami memenangkan kepercayaan elektoral."

Antti Rinne mengundurkan diri dari jabatan perdana menteri pada Selasa (3/12) setelah anggota koalisi yang berkuasa, Partai Pusat, menarik dukungannya karena kehilangan kepercayaan.

Para anggota DPR diperkirakan akan segera menyetujui nominasi Marin agar dia bisa mewakili Finlandia pada KTT pemimpin Uni Eropa di Brussels mulai Kamis (12/12). [vm/ah]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG