Tautan-tautan Akses

AS

Mahasiswa AS yang Ditahan Korut Telah Tiba di Ohio


Seseorang yang dipercaya sebagai Otto Warmbier dipindahkan dari pesawat angkut medis ke ambulan yang sedang menunggu di Bandara Lunken di Cincinnati, Ohio, AS, 13 Juni 2017. (REUTERS / Bryan Woolston).

Seorang mahasiswa Amerika yang ditahan di Korea Utara selama 17 bulan telah kembali ke rumahnya.

Otto Warmbier, 22 tahun, segera dilarikan ke sebuah rumah sakit setelah pesawat udara yang membawanya dari Korea Utara mendarat di Cincinnati, Ohio, Selasa malam (13/6). Orangtua Warmbier mengatakan, putra mereka telah mengalami koma selama lebih dari satu tahun, dan menggambarkan pembebasannya sebagai evakuasi medis.

Korea Utara menghukum mahasiswa Universitas Virginia itu 15 tahun penjara karena berusaha mencuri sebuah poster propaganda.

Fred dan Cindy Warmbier mengatakan, putra mereka diberi obat tidur tidak lama setelah pengadilan terhadap dirinya dilangsungkan Maret tahun lalu, dan ia tidak pernah sadar setelah itu.

Para pejabat Departemen Luar Negeri AS tidak mengeluarkan pernyataan terkait kondisi kesehatan Otto Warmbier. Mereka hanya mengatakan, terakhir kali AS memperoleh akses ke Warmbier, melalui Kedubes Swedia, adalah Maret tahun lalu. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG