Tautan-tautan Akses

AS

Korea Utara Bebaskan Mahasiswa AS dari Penjara


Otto Warmbier, saat berbicara di hadapan media di Pyongyang, Korea Utara, 29 Februari 2016 (Foto: dok).

Korea Utara telah membebaskan dari penjara seorang mahasiswa Amerika yang dijatuhi hukuman 15 tahun penjara atas tuduhan berusaha mencuri spanduk propaganda tahun 2016, kata menteri luar negeri Amerika Rex Tillerson.

Dalam pernyataan, Tillerson mengatakan Otto Warmbier, 22 tahun, telah dibebaskan dari penjara dan saat ini sedang dalam perjalanan pulang ke Amerika, di mana ia akan bertemu kembali dengan keluarganya.

Harian Washington Post melaporkan bahwa Warmbier dievakuasi untuk pengobatan dari Korea Utara sementara dalam keadaan koma. Ia akan pulang ke Cincinnati, Ohio, Selasa malam. Menurut harian Washington Post, ia sudah dalam keadaan koma selama lebih setahun.

Pengumuman pembebasan Warmbier dikeluarkan sementara mantan bintang bola-basket Amerika Dennis Rodman berkunjung di Korea Utara hari Selasa, di mana ia mengatakan ia berharap akan membuka pintu antara Presiden Amerika Donald Trump dan para pemimpin di Pyongyang.

Rodman bersahabat dengan pemimpin pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Ia berkunjung sebelumnya ke Korea Utara tahun 2013, di mana ia bermain bola basket dengan para mantan bintang liga bola basket Amerika NBA, dan bernyanyi Selamat Ulang Tahun untuk Kim.

Kim kabarnya adalah seorang penggemar berat bola-basket, terutama tim Chicago Bulls di mana Rodman bermain dalam tahun 1990-an. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG