Tautan-tautan Akses

Macron Rayakan Kemenangan Pilpres Perancis


Kandidat presiden dari sayap tengah, Emmanuel Macron, kiri, bersiap untuk memberikan suaranya, bersama dengan sang istri, Brigitte, dalam putara pertama pilpres Perancis di Le Touquet, Perancis bagian utara, 23 April 2017. (foto: Philippe Wojazer, Pool photo via AP)

Pusat jajanan Left Bank di Paris menjadi tempat yang dipilih Emmanuel Macron untuk merayakan kemenangannya dalam pemilihan presiden Perancis putaran pertama.

Emmanuel Macron merayakan kemenangannya dalam pemilihan presiden Perancis putaran pertama di pusat jajanan Left Bank di Paris yang dulu sering dikunjungi sastrawan Ernest Hemingway dan artis ternama lain.

Pilihan bersantap di restoran La Rotonde di Montparnasse, sesuai minat Macron pada sastra, ia mengutip kata-kata dari penyair dan filsuf dalam kampanyenya. Walaupun bersikeras ia bukan sayap kiri atau sayap kanan, La Rotonde memiliki nuansa anti-kemapanan.

Di seberang kota, kantor media Kementerian Dalam Negeri menyediakan minuman anggur, sementara staf dan wartawan menghela napas lega karena penghitungan suara berjalan lancar.

Penghitungan surat suara pemilihan presiden Perancis hampir selesai. Sejauh ini hasilnya menunjukkan Emmanuel Macron dari sayap tengah dan ketua ekstrim kanan Marine Le Pen unggul setelah pemilihan yang berlangsung ketat dan luar biasa.

Setelah 89,7 persen surat suara dihitung, Macron meraih 23,7 persen suara dan Le Pen meraih 21,9 persen. Francois Fillon dari konservatif di tempat ke tiga dengan 19,9 persen, dan kandidat extreme kiri Jean-Luc Melenchon mendapat 19,2 persen suara.

Hasil itu sesuai proyeksi lembaga pemungutan suara yang menunjukkan Macron dan Le Pen maju ke pemilihan putaran kedua, 7 Mei. [ka]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG