Tautan-tautan Akses

Macron akan Berpidato untuk Tanggapi Protes


Presiden Perancis Emmanuel Macron saat memberikan pidato di Istana Elysee di Paris, 3 Januari 2018.
Presiden Perancis Emmanuel Macron saat memberikan pidato di Istana Elysee di Paris, 3 Januari 2018.

Presiden Perancis Emmanuel Macron akan memberikan pidato kenegaraan pada Senin (10/12) untuk menanggapi para demonstran "rompi kuning" yang telah mengadakan demonstrasi besar-besaran di seluruh negara itu selama empat akhir pekan belakangan.

Sebelum berpidato Senin sore, Macron berencana untuk bertemu dengan para pejabat serikat buruh, anggota parlemen dan pemimpin bisnis untuk menyusun tanggapan atas protes-protes yang terkadang diwarnai kekerasan yang telah melanda negara itu semasa musim liburan akhir tahun ini.

Para pekerja di seluruh Perancis, Minggu (9/12), membersihkan puing-puing dari para demonstran yang melemparkan batu-batu, membakar mobil-mobil dan merusak bisnis-bisnis sepanjang akhir pekan.

Sebelumnya pada Minggu, Menteri Luar Negeri Perancis menyerukan kepada Presiden Amerika Donald Trump untuk tidak mencampuri politik di Perancis.Pernyataan ini disampaikan menanggapi cuitan Trump di Twitter tentang demonstrasi di Paris.

‘’Kami tidak mencampuri politik dalam negeri Amerika dan kami ingin Amerika berlaku demikian pula,’’ ujar Menteri Luar Negeri Jean-Yves Le Drian kepada televisi LCI.

‘’Saya mengatakan ini kepada Donald Trump, dan Presiden Perancis mengatakan hal yang sama : jangan usik kami.’’

Le Drian menanggapi cuitan Trump Sabtu (8/12) pagi. ‘’Hari yang sangat menyedihkan di Paris. Mungkin ini saatnya untuk menyudahi Perjanjian Paris yang konyol dan sangat mahal, dan mengembalikan uang kepada orang-orang dalam bentuk pengenaan pajak yang lebih rendah?’’ cuit Trump.

Cuitan Trump sebelumnya juga menyindir seakan-akan para demonstran berpihak pada keputusannya meninggalkan Perjanjian Iklim Paris 2015, perjanjian bersejarah yang disepakati oleh lebih dari 100 negara untuk mengatasi perubahan iklim.

Hampir dua ribu orang ditangkap di seluruh Perancis pada Sabtu (8/12) dalam demonstrasi besar yang dilangsungkan di beberapa kota.

Kementerian Dalam Negeri Perancis mengatakan sekitar 136 ribu orang berunjuk rasa menentang tingginya biaya hidup. Para demonstran juga menunjukkan kekecewaan mereka terhadap Presiden Emmanuel Macron.

Demonstrasi berlangsung di sejumlah kota, antara lain Paris, Marseilles, Bordeaux, Lyon, dan Toulouse. [vm]

XS
SM
MD
LG