Tautan-tautan Akses

MA Spanyol Setujui Penggalian Makam Franco


Orang-orang berdiri di sekitar makam mantan diktator Spanyol Francisco Franco di dalam basilika di luar Madrid, 24 Agustus 2018. (Foto: AP)

Mahkamah Agung Spanyol memutuskan pemerintah bisa menggali sisa-sisa jenazah dari mantan diktator Francisco Franco, dan menolak keberatan dari keluarga Franco.

Sisa-sisa jenazah itu akan dipindahkan dari mausoleum "Lembah Mereka Yang Gugur", yang dibangun oleh diktator militer itu di luar Madrid ke sebuah kuburan lebih sederhana dimana istrinya dikuburkan.

Franco memerintah Spanyol dari akhir Perang Saudara Spanyol pada 1939 sampai kematiannya pada 1975.

Pengecam mengatakan kuburan Franco di mausoleum itu hanya sekedar memuja-muja diktator dan rezimnya yang kejam.

Keputusan ini merupakan kemenangan untuk pemerintahan PM Pedro Sanchez dari Partai Sosialis, yang telah menjadikan penggalian kembali ini salah satu janji kampanyenya.

Dalam sebuah cuitan Sanchez menyebut keputusan itu “sebuah kemenangan besar untuk demokrasi Spanyol” dan katanya, ini akan membantu “memulihkan penderitaan korban-korban Franco.”

Deputi Sanchez, Carmen Calvo, mengatakan, penggalian kembali ini akan dilaksanakan “sesegera mungkin.” Namun keluarga Franco mengatakan, pihaknya berencana untuk naik banding ke Pengadilan Konstitusi Spanyol. [jm/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG