Tautan-tautan Akses

Lord Snowdon, Mantan Suami Putri Margaret, Meninggal Pada Usia 86 Tahun


FOTO ARSIP – Putri Margaret (kanan) melambaikan tangannya kepada putrinya yang baru saja menikah Lady Sarah Armstrong Jones dan suaminya Daniel Chatto sesaat setelah mereka meninggalkan gereja St. Stephen Walbrook (14/7/1994). (foto: REUTERS/Dylan Martinez/Arsip)

Mantan suami putri Margaret dari Inggris, Lord Snowdon, meninggal dengan tenang di kediamannya hari Jum’at pada usia 86 tahun.

Lord Snowdon, mantan suami putri Margaret dari Inggris meninggal dengan tenang di kediamannya hari Jum’at pada usia 86 tahun.

Snowdon, terlahir dengan nama Anthony Armstrong-Jones, adalah seorang fotografer dan pembuat film ketika menikah dengan putri Margaret pada 1960, dan pernikahan kerajaan mereka merupakan yang pertama diliput televisi.

Snowdon adalah seorang fotografer yang sukses di Inggris dan salah satu anggota keluarga kerajaan yang punya pekerjaan diluar tugas kerajaan.

Dia diberi gelar Earl of Snowdon setahun setelah pasangan ini menikah dan sebulan sebelum putra mereka yang pertama, David, lahir.

Snowdon dan putri Margaret bercerai pada 1978, tetapi dia tetap menjaga hubungan baik dengan mantan istrinya dan keluarga kerajaan, serta bekerja sebagai fotografer untuk Buckingham Palace.

Sulit bagi dirinya mengubah kehidupan sebagai seniman dan anggota dari dunia seni London menjadi seorang anggota kerajaan dengan segala macam tata-kramanya, serta sahabat-sahabatnya mengatakan Lord Snowdon kelihatan lebih gembira setelah perceraian karena bebas memilih kehidupannya. Margaret meninggal pada 2002. [jm]

XS
SM
MD
LG