Tautan-tautan Akses

Longsoran Salju Hantam Pos Militer dan Patroli India di Kashmir, 10 Tewas


Tentara India tengah melakukan pencarian korban salju longsor di Siachen, 8 Februari 2016 (Foto: dok) Sepuluh tentara diperkirakan tewas akibat salju longsor yang mengubur pos militer dan kelompok patroli India di sektor Gurez, kawasan Kashmir, Hilamaya.

Sepuluh tentara India tewas tertimbun salju longsor yang menghantam pos militer dan kelompok patroli India di kawasan perbatasan yang dijaga sangat ketat, yang memisahkan wilayah-wilayah yang dikuasai India dan Pakistan di kawasan Kashmir di Himalaya.

Juru bicara militer India, Kolonel Rajesh Kalia mengatakan longsoran besar itu menimbun sebuah pos militer yang dijaga 10 tentara di sektor Gurez. Ia mengatakan meskipun cuaca buruk, operasi penyelamatan dilakukan dan seorang perwira serta enam tentara berhasil diselamatkan dari pos yang tertimbun itu. Jenazah tiga tentara lainnya juga berhasil dikeluarkan.

Kalia menyatakan longsoran salju lainnya menyapu sekelompok anggota militer yang berpatroli di kawasan yang sama. Sejauh ini, tujuh mayat telah ditemukan.

Militer tidak memberi rincian jumlah anggota patroli dan menyatakan petugas penyelamat sedang mencari tentara lainnya yang hilang.

Kalia mengatakan kawasan itu terus diguyur salju lebat, tetapi operasi penyelamatan terpadu terus dilakukan.

Para petugas mengevakuasi puluhan warga dari daerah-daerah berisiko tinggi setelah pihak berwenang di Kashmir yang dikuasai India mengeluarkan peringatan salju longsor di banyak bagian di kawasan itu, khususnya di bagian perbatasan.

Hujan salju lebat juga memutuskan aliran listrik dan komunikasi di kawasan. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG