Tautan-tautan Akses

Longsor Brebes: 5 Tewas, 15 Hilang dan 14 Selamat


Longsor di Brebes, 22 Februari 2018. (Foto courtesy: BNPB)
Longsor di Brebes, 22 Februari 2018. (Foto courtesy: BNPB)

Tanah longsor Kamis pagi tadi sekitar pukul 07.20 WIB menimbulkan duka bagi warga lereng Gunung Lio, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Tebing longsor setinggi 25 meter meluluhlantakkan jalan provinsi penghubung Banjarharjo-Salem-Majenang (Cilacap). Puluhan petani yang pagi itu sedang bekerja di sawah pun tertimbun longsor.

Evakuasi korban longsor terus dilakukan oleh tim SAR gabungan, yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, PMI, Tagana, relawan, dan masyarakat terlibat langsung dalam evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban.

Berdasarkan laporan Bupati Brebes yang berada di lokasi longsor, hingga Kamis (22/2) pukul 14.30 WIB terdapat lima korban meninggal dunia, 15 orang hilang yang diduga tertimbun longsor dan 14 orang selamat dalam kondisi luka-luka. Lima korban meninggal adalah Karsini, Sapto, Wati, Radam, dan Kiswan.

Menurut laporan yang diterima VOA dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Tim SAR kesulitan mencari korban karena tanah masih bergerak, material longsor gembur, tebal dan cukup luas. Alat berat belum dapat digunakan untuk mencari korban. Cuaca mendung berpotensi hujan juga dapat menyulitkan pencarian korban. Prinsip safety first dijadikan pedoman tim SAR gabungan dalam pencarian korban.

BPBD Kabupaten Brebes sedang mengajukan penetapan status tanggap darurat bencana longsor kepada Bupati Brebes. Rencana masa tanggap darurat selama 14 hari, terhitung hari Kamis, 22 Februari 2018 hingga 7 Maret 2018. Status tanggap darurat diperlukan untuk kemudahan akses penanganan darurat longsor.

Hingga berita ini diturunkan, pendataan masih terus dilakukan. Korban hilang diperoleh berdasarkan laporan warga sekitar.

Pihak berwenang mengimbau masyarakat untuk tidak mendekati lokasi longsor karena berbahaya adanya longsor susulan. Apalagi jika terjadi hujan, material longsor yang labil akan mudah terjadi longsor susulan.

Lokasi longsor di Desa Pasir Panjang Kecamatan Salem merupakan daerah zona rawan sedang hingga tinggi longsor. Mahkota longsor dari perbukitan di hutan produksi Perhutani BKPB Salem Petak 26 PlRPH Babakan longsor kemudian menimbun sawah di bagian bawah. Saat longsor cuaca tidak hujan. Lahan pertanian sawah berada di bagian bawah agak jauh dari perbukitan mahkota longsor. [fw/es]

Recommended

XS
SM
MD
LG