Tautan-tautan Akses

Listrik Jabodetabek Padam, Puluhan Juta Terkena Dampak


Lampu lalu lintas yang mati saat pemadaman listrik di Jakarta akibat gangguan transmisi listrik, 4 Agustus 2019. (Foto: AP)
Lampu lalu lintas yang mati saat pemadaman listrik di Jakarta akibat gangguan transmisi listrik, 4 Agustus 2019. (Foto: AP)

Wilayah Jabodetabek dan beberapa bagian pulau Jawa lainnya mengalami pemadaman listrik selama 8 jam pada Minggu (4/8) yang berdampak pada puluhan juta orang, kantor berita Associated Press melaporkan,

Listrik padam sejak tengah hari dan menyebabkan gangguan jaringan ponsel dan ATM. Perjalanan MRT yang masih baru di Jakarta juga sempat terhenti.

Muhammad Kamal, Sekretaris Perusahaan MRT Jakarta, mengatakan perusahaannya berhasil mengevakuasi seluruh penumpang yang terjebak dalam kereta secara aman.

Siaran televisi memperlihatkan lampu lalu lintas padam di Jakarta dan sekitarnya, menyebabkan kemacetan parah.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengatakan bahwa padamnya listrik itu terjadi karena ada "gangguan transmisi Ungaran-Pemalang 500kV."

Dalam siaran pers Minggu (4/8) malam, PLN mengumumkan pada pukul 21.00, telah berhasil memulihkan 19 Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET), dengan rincian 17 GITET sudah bertegangan dan dua masih dalam proses.

"Proses pemulihan terus dilakukan. Memang tidak bisa secara serentak langsung menyala, namun secara bertahap penormalan terus diupayakan dengan maksimal,” ungkap Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani dalam siaran pers.

Pemadaman listrik itu tidak hanya terjadi di Jabodetabek, tapi juga sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah. [vm/pp/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG