Tautan-tautan Akses

Lima Orang Divonis Bersalah Bunuh Pemimpin Oposisi Rusia


Zaur Dadayev, satu dari lima tersangka dalam pembunuhan Boris Nemtsov berdiri di ruang sidang di Moskow, Rusia, Minggu, 8 Maret 2015. (AP Photo/Ivan Sekretarev).

Pengadilan di Moskow telah menyatakan lima orang bersalah membunuh pemimpin oposisi Rusia, Boris Nemtsov.

Nemtsov adalah penentang pemerintah Rusia, dan terutama bersikap kritis atas dukungan Moskow terhadap kelompok separatis Ukraina. Ia ditembak mati pada malam hari pada tahun 2015, sewaktu ia berjalan menyeberangi jembatan di dekat Kremlin.

Kantor berita resmi TASS melaporkan bahwa juri menyatakan Zaur Dadayev, mantan perwira di pasukan keamanan Chechnya, bersalah menembak Nemtsov. Empat lainnya dinyatakan bersalah terlibat dalam pembunuhan itu.

Kelima orang itu, semuanya orang Chechnya, dituduh dijanjikan uang tunai untuk melakukan pembunuhan tersebut. Sekutu-sekutu Nemtsov mempertanyakan investigasi itu dan bertanya mengapa para petugas gagal menyelidiki kemungkinan peran para pejabat Chechnya mendanai pembunuhan tersebut.

Seorang warga Chechnya yang juga mantan supir militer, Ruslan Mukhudinov, dijatuhi vonis in absentia karena mengatur pembunuhan itu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG