Tautan-tautan Akses

Lima Menlu Sambut Gencatan Senjata Afghanistan-Taliban


Warga melakukan salat Idul Fitri di Kabul, Afghanistan hari Minggu (24/5) setelah pemerintah dan kelompok Taliban menyetujui gencatan senjata 3 hari.
Warga melakukan salat Idul Fitri di Kabul, Afghanistan hari Minggu (24/5) setelah pemerintah dan kelompok Taliban menyetujui gencatan senjata 3 hari.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Jerman, Norwegia, Uzbekistan dan Qatar hari Minggu (24/5) mengeluarkan pernyataan bersama menyambut baik pengumuman gencatan senjata oleh pemerintah Afghanistan dan Taliban selama perayaan Idul Fitri.

“Kami berharap Idul Fitri membawa sukacita dan keberkahan bagi seluruh rakyat Afghanistan,” demikian petikan pernyataan tertulis yang diterima VOA dan juga dimuat di akun Twitter Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Gencatan senjata ini dinilai sebagai langkah positif ke depan yang memberi secercah harapan.

“Kami mendorong para pihak untuk mengambil langkah-langkah lebih lanjut pada hari-hari dan minggu-minggu ke depan untuk segera memulai negosiasi intra-Afghanistan untuk mencapai penyelesaian damai yang berkesinambungan guna mengakhiri konflik di Afghanistan,” tambah pernyataan itu.

Merujuk pada seruan Sekjen PBB Antonio Guterres tentang gencatan senjata di tengah pandemi virus corona, kelima menteri luar negeri itu juga mengimbau untuk mengurangi aksi kekerasan “secara permanen dan komprehensif” untuk memberikan rasa aman kepada rakyat Afghanistan. Juga mendorong diambilnya langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi kelompok dan individu yang rentan, termasuk tahanan, dari pandemi ini.

Lebih jauh kelima menteri luar negeri sepakat bekerjasama untuk mendukung proses perdamaian yang inklusif di Afghanistan dan siap membantu proses itu lewat cara apapun, sesuai aspirasi pihak terkait.

“Kami menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan penghargaan atas upaya besar semua pihak terkait selama ini, termasuk Qatar dan Amerika, dalam mendukung proses perdamaian di Afghanistan,” tambah pernyataan tersebut. [em/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG