Tautan-tautan Akses

Lembaga Kajian ‘Sentil’ Departemen Keamanan Dalam Negeri AS atas Catatan Visa Pangeran Harry


Pangeran Harry tiba di Pengadilan Tinggi di London, pada 6 Juni 2023. (Foto: AP/Frank Augstein)
Pangeran Harry tiba di Pengadilan Tinggi di London, pada 6 Juni 2023. (Foto: AP/Frank Augstein)

Heritage Foundation ‘menyentil’ Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) Amerika Serikat di mana lembaga kajian yang konservatif itu menyebut penggunaan narkoba pada masa lalu yang dibeberkan Pangeran Harry dari Inggris dalam memoarnya yang eksplosif, seharusnya memicu dirilisnya catatan imigrasi Harry di Amerika Serikat.

Heritage Foundation membuat argumen itu, pada Selasa (6/6), di pengadilan Washington. Lembaga itu mengajukan banding ke hakim setelah pemerintah AS menolak untuk merilis catatan keimigrasian Harry, yang dianggap pribadi.

Pengacara Heritage Foundation berpendapat masyarakat AS berhak mengetahui apa yang ditulis Harry terkait penggunaan narkoba. Terdapat kepentingan publik yang sah dalam hal tersebut, ujar lembaga itu.

Sidang berlangsung sementara Pangeran Harry berada di pengadilan lain di London. Duke of Sussex tersebut menjadi saksi dalam gugatan yang diajukannya terhadap surat kabar Inggris.

Amerika Serikat menanyakan penggunaan narkoba pada aplikasi visa Harry. Heritage Foundation berpendapat terdapat kepentingan publik dalam perlakuan terhadap Harry oleh otoritas imigrasi.

Departemen Keamanan Dalam Negeri mengatakan catatan itu bersifat pribadi. [ka/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG