Tautan-tautan Akses

Legislator Partai Republik Berjuang Selamatkan Perawatan Kesehatan, Agenda Trump


Presiden Donald Trump berbincang dengan Ketua DPR Paul Ryan di Gedung Capitol, 16 Maret 2017.

Presiden AS Donald Trump telah mengancam teman-temannya dari Partai Republik bahwa dia akan membiarkan Obamacare tetap berlaku dan berfokus pada isu-isu lain, jika mereka tidak mendukung pemungutan suara hari Jumat mengenai undang-undang perawatan kesehatan yang baru.

Salah satu janji kampanye Trump adalah membatalkan dan menggantikan Undang-Undang Perawatan Kesehatan Terjangkau, yang juga dikenal sebagai Obamacare.

Setelah negosiasi sehari penuh sampai Kamis malam (23/3), tidak jelas apakah legislator Partai Republik memiliki dukungan cukup untuk meloloskan RUU perawatan kesehatan yang sudah lama dijanjikan.

Trump menggunakan keterampilannya sebagai pembuat kesepakatan, tapi gagal meraih dukungan dari kalangan konservatif House Freedom Caucus dan bahkan memicu beberapa legislator moderat mundur karena khawatir dengan masa depan politik mereka.

Kegagalannya dan Ketua DPR Paul Ryan untuk mengamankan suara yang cukup membuat Partai Republik yang tadinya bersatu menjadi terpojok ke situasi politik yang rumit yang mungkin akan sulit dihindari, bahkan ketika RUU ini akhirnya disetujui. [as/uh]

XS
SM
MD
LG