Tautan-tautan Akses

AS

Trump Peringatkan Anggota Kongres AS soal UU Asuransi Kesehatan


Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih, Washington DC, Rabu (22/3).

Sewaktu kampenye Presiden tahun lalu hampir semua kandidat Presiden dari Partai Republik termasuk Donald Trump secara mengebu-gebu mengatakan ingin membatalkan UU asuransi kesehatan yang diprakarsai Presiden Obama dari Partai Demokrat. Dua bulan pemerintahan Trump upaya mencabut Obamacare masih belum jelas dan Presiden Trump memperingatkan semua anggota Kongres dari Partainya agar bertindak cepat.

Hari Selasa (21/3) Presiden Trump memperingatkan anggota Kongres dari Partai Republik mereka bisa kehilangan kursi dalam pemilu sela jika gagal mendukung perombakan layanan kesehatan Partai Republik untuk memenuhi janji membatalkan Obamacare.

Dalam kunjungan yang langka ke Kongres, Presiden Trump melakukan pertemuan tertutup dengan anggota Kongres Partai Republik yang sebagian meragukan RUU pengganti dua hari sebelum pemungutan suara akhir.

Pejabat senior Partai Republik di Kongres hari Senin lalu memperbaiki RUU mereka dengan harapan bisa meraih dukungan.

Ketua DPR Paul Ryan mengharapkan RUU asuransi kesehatan Partai Republik akan memberi layanan yang lebih baik.

“Tujuh tahun eksperimen (Obamacare) gagal ini, sudah cukup. Kini saatnya kita membangun sistem layanan kesehatan yang lebih baik, lebih adil bagi seluruh rakyat Amerika. Bagi kita, Presiden, DPR dan Senat, kita menjanjikan akan membatalkan dan mengganti UU yang buruk ini dan kita akan memenuhi janji kita,” ujar Ryan.

RUU Partai Republik akan membatalkan persyaratan Obamacare yang mewajibkan sebagian besar orang membeli polis asuransi dan perusahaan-perusahaan besar menanggung pekerja. Subsidi pemerintah federal yang utamanya didasarkan pada pendapatan dan premi asuransi seseorang akan berakhir demikian pula perluasan Medicaid bagi 11 juta lagi orang yang berpendapatan rendah.

Berbicara setelah kunjungan Presiden Trump, Ketua DPR Paul Ryan mengatakan, “Presiden sangat jelas, ia memaparkan rinciannya kepda setiap orang, kita berjanji sekarang sudah waktunya memenuhi kanji tersebut. Kita akan memenuhi janji dan rakyat akan mendukung kita, jika tidak akan sangat sulit mengatasinya.”

RUU asuransi kesehatan Partai Republik akan memberi keringanan pajak untuk membantu rakyat membayar tagihan medis terutama berdasarkan usia serta pembayaran pemerintah federal untuk membantu negara bagian menanggung biaya Medicaid yang akan dipangkas.

Perusahaan asuransi bisa mengenakan premi lima kali lebih besar kepada konsumen yang lebih tua dibandingkan anak muda dan akan menaikkan premi 30% bagi mereka yang membiarkan asuransinya berakhir masa berlakunya. [my/jm]

XS
SM
MD
LG