Tautan-tautan Akses

Ledakan Bom Hantam Konvoi PM Palestina di Gaza


Konvoi Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah kembali bergerak seusai menjadi target ledakan, di Jalur Gaza utara, 13 Maret 2018.
Konvoi Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah kembali bergerak seusai menjadi target ledakan, di Jalur Gaza utara, 13 Maret 2018.

Sebuah ledakan menghantam konvoi perdana menteri Palestina ketika ia melakukan kunjungan langka ke Gaza. Insiden itu memicu kekhawatiran akan adanya upaya pembunuhan.

Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah tidak terluka dalam serangan hari Selasa itu, namun Otoritas Palestina segera menuduh militan Gaza berusaha membunuhnya.

Tiga kendaraan dalam konvoi itu rusak dengan jendela-jendela yang hancur, dan terdapat tanda-tanda percikan darah pada pintu salah satu kendaraan.

Baca juga: Bentrok di Tepi Barat, Warga Palestina Tewas Tertembak

Hamdallah, yang beroperasi di Tepi Barat, tiba di Gaza yang dikuasai oleh Hamas untuk meresmikan sebuah proyek pengolahan limbah yang telah lama dinantikan.

Bank Dunia, Uni Eropa dan pemerintah negara-negara lain di Eropa telah memberikan dana hampir $75 juta. Pengambilalihan kekuasaan atas Gaza oleh Hamas dari Otoritas Palestina pada tahun 2007 dan blokade Israel-Mesir yang kemudian terjadi, kekurangan tenaga listrik dan konflik telah menunda pembukaan proyek itu selama empat tahun. [lt]

XS
SM
MD
LG