Tautan-tautan Akses

Lebih Sedikit Demonstran Turun ke Jalan di Paris


Polisi mengamankan Champs-Elysees, saat berlangsung unjuk rasa memprotes kenaikan biaya hidup di Paris, Perancis, 15 Desember 2018.

Para demonstran Perancis untuk kelima minggu berturut-turut memprotes mahalnya biaya hidup. Namun, demonstrasi lebih tenang di seluruh negara itu, Sabtu (15/12), sebagian disebabkan konsesi yang dibuat Presiden Emmanuel Macron awal pekan ini, serta cuaca dingin dan hujan.

Ribuan orang memadati Ibu Kota Paris pada Sabtu. Beberapa bentrokan terjadi antara para pengunjukrasa dan polisi. Polisi menembakkan gas air mata dan menggunakan meriam air ke arah para demonstran yang berlarian di jalan-jalan sekitar kawasan Champs-Elysees yang terkenal.

Sekitar 8 ribu polisi dan 14 kendaraan lapis baja dikerahkan untuk mencegah protes bergulir menjadi kekerasan seperti sebelumnya, dimana para demonstran menjarah toko-toko dan membakar barikade di jalan-jalan. Polisi mengatakan lebih dari 115 orang diamankan Sabtu siang.

Sepekan lalu, para pejabat Prancis mengatakan lebih dari 100 ribu orang telah bergabung dalam protes-protes di seluruh negara itu. Pekan ini, polisi mencatat hanya ada lebih dari 33 ribu orang di seluruh negara itu. [vm]

XS
SM
MD
LG