Tautan-tautan Akses

Layanan TV Satelit Tenaga Surya Bawa 'Keajaiban' ke Desa-Desa


Foto dari situs web Simpa Networks

Layanan televisi bertenaga surya pertama di India telah diluncurkan yang membawa hiburan yang ditenagai oleh energi bersih ke rumah tangga dan perusahaan lewat skema pembayaran bayar dan nikmati.

Sebuah perusahaan di India telah meluncurkan layanan televisi satelit bertenaga surya pertamanya di India, yang membawa hiburan yang ditenagai oleh energi bersih ke rumah tangga dan perusahaan lewat skema pembayaran bayar dan nikmati.

Simpa Networks, yang mulai beroperasi di tahun 2011, adalah satu dari ribuan perusahaan di India yang memanfaatkan pasar energi terbarukan di negara dimana seperlima dari penduduknya yang berjumlah 1,3 milyar masih belum menikmati aliran listrik.

Dengan mayoritas mereka yang belum menikmati aliran listrik berasal dari masyarakat miskin yang hidup di desa-desa pinggiran, perusahaan tersebut berfokus pada penjualan produk-produk bertenaga surya seperti lampu LED, tempat pengisian ulang daya baterai, dan kipas angin dengan menyediakan skema pembiayaan bagi rumah-rumah di pedesaan dan toko-toko di bagian utara India.

“Kami melihat peluang luar biasa di kawasan pedesaan dimana permintaan untuk energi terus meningkat bahkan lebih cepat dari pasokan,” ujar CEO Simpa Networks, Piyush Mathur, dalam sebuah pernyataan.

“Panel surya di atap rumah berperan baik di kawasan yang berada dalam jangkauan distribusi listrik maupun tidak,” ujar Mathur. “Di banyak kasus, ini adalah cara paling cepat dan paling terjangkau untuk mendistribusikan listrik ke rumah-rumah dan tempat-tempat usaha di kawasan pedesaan.”

"Simpa Magic TV" menyediakan lebih 100 saluran televisi satelit dengan muatan yang termasuk di antaranya komedi, berita, film dan musik, dan harganya 25.000 rupees ($390) – sama dengan versi non-tenaga surya.

Panel surya, TV, baterai, pengendali

Sistem ini, yang terdiri dari panel surya 80-watt, televisi LED 20-inch yang hemat energi, baterai, dan pengendali pengisian daya listrik tenaga surya, bisa dicicil hingga 36 bulan. Cicilan ini dikenakan bunga, namun perusahaan tidak bersedia mengungkapkan perkiraan tingkat bunganya.

Para pelanggan membayar uang muka untuk pemasangan sistem kemudian membayar dan menikmati tenaga listrik setelahnya. Pembayaran berikutnya akan menutupi total harga, dan begitu dibayar lunas, pelanggan memiliki sistem tersebut dan listrik gratis.

Layanan ini, yang diluncurkan hari Rabu, memiliki sekitar 350 pelanggan sejauh ini di negara bagian Uttar Pradesh yang terletak di bagian utara.

Simpa menggunakan teknologi “SmartPanel” untuk memantau dan mengontrol panel surya yang dipasang di atap rumah. Para pelanggan membeli listrik prabayar; SmartPanel menyalurkan listrik hingga pulsa prabayar habis, dan pelanggan harus mengisi ulang.

Perusahaan tersebut mengatakan program cicilan ini efektif karena sebagian besar keluarga di pedesaan tidak akan mampu membayar tunai teknologi semacam itu. Tanpa adanya sejarah catatan kredit, sebagian besar akan dianggap ‘tidak layak dapat pinjaman’ dan tidak akan dengan mudah mendapatkan pinjaman.

Karena layanan televisi bertenaga surya masih baru dan hanya segelintir orang yang tahu bagaimana menggunakan dan merawatnya, perusahaan tersebut menyatakan, Simpa telah melatih teknisi tenaga surya di pedesaan yang kemudian akan bertanggungjawab untuk instalasi, pelayanan, dan penagihan pembayaran cicilan bulanan. [ww]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG