Tautan-tautan Akses

Laskar Suriah Dukungan AS Rebut Tengah Kota Raqqa


Cuplikan video yang dirilis hari Kamis, 6 Juli 2017, oleh Kantor Berita Hawar, kelompok media yang dijalankan oleh kelompok Kurdi Suriah menunjukkan warga yang berkumpul di sebuah rumah setelah dibebaskan oleh para pejuang SDF dukungan AS di bagian timur Raqqa, Suriah (Kantor Berita Hawar via AP)

Laskar Suriah yang didukung Amerika bertempur dengan militan ISIS di tengah kota Raqqa, ibukota kaum ekstrimis itu, sementara banyak kaum sipil melarikan diri dari daerah-daerah yang dikuasai ISIS.

Pasukan Demokratis Suriah (SDF), yang dibantu oleh koalisi yang dipimpin Amerika, melancarkan serangan mereka untuk merebut kota itu tanggal 6 Juni, dan sejak itu telah merebut beberapa daerah.

Pemantau hak azasi Suriah yang berbasis di Inggris, Observatory, mengatakan pertempuran hari Senin dipusatkan di daerah barat-daya Yarmouk dan Kota Tua.

SDF mengatakan pertempuran sengit sedang berlangsung di tengah Raqqa, dan menambahkan bahwa laskarnya telah mengambil kedudukan dekat sebuah masjid yang sudah berusia berabad-abad.

Kantor berita Hawar yang dikelola Kurdi mengatakan kira-kira 180 orang sipil dapat melarikan diri dari daerah-daerah yang dikuasai oleh ISIS sementara Observatory menyebut jumlahnya ratusan. [gp]

XS
SM
MD
LG