Tautan-tautan Akses

Bangkok Geser London Sebagai Tujuan Wisata Utama Dunia


Turis mengambil swafoto atau 'selfie' di kuil Erawan di Bangkok, Thailand. (Foto: Dok)
Turis mengambil swafoto atau 'selfie' di kuil Erawan di Bangkok, Thailand. (Foto: Dok)

Gelombang ledakan bom bulan lalu di Thailand selatan, yang menurut polisi dilakukan para separatis Muslim, tampaknya berdampak kecil terhadap pariwisata.

Ibukota Thailand, Bangkok, telah mengalahkan London sebagai tujuan wisata paling populer di dunia tahun ini, berdasarkan daftar tahunan dari perusahaan pembayaran dan teknologi global Mastercard yang dirilis Kamis (22/9).

Pariwisata telah menjadi salah satu dari sedikit sektor yang bersinar di Thailand, ekonomi terbesar kedua di Asia Tenggara yang sedang menghadapi tingkat kepercayaan konsumen dan ekspor yang rendah menyusul kudeta militer tahun 2014 yang bertujuan mengakhiri kerusuhan politik.

Gelombang ledakan bom bulan lalu di Thailand selatan, yang menurut polisi dilakukan para separatis Muslim, tampaknya berdampak kecil terhadap pariwisata.

Bangkok, juga dikenal sebagai 'kota para bidadari', ada di posisi teratas daftar 132 kota tahun 2016, mengalahkan London, Paris dan Dubai sebagai kota yang paling banyak dikunjungi oleh turis internasional dalam Indeks Kota-kota Tujuan Global Mastercard.

"Ini bukan sesuatu yang tiba-tiba. Bangkok sudah lama ada di posisi kuat untuk menjadi kota tujuan utama," ujar Yuwa Hedrick-Wong, kepala ekonom Mastercard kepada Reuters.

"Ada keuntungan yang setara dengan uang yang dikeluarkan, terutama untuk pengunjung dari negara-negara kaya."

Thailand diperkirakan akan mencapai rekor kunjungan wisata tahun ini, yakni 33 juta orang berkat lonjakan turis China.

Kota Bangkok yang luas diproyeksikan menerima kunjungan internasional sebesar 21,47 juta tahun ini, diikuti oleh London pada posisi ke dua, dengan 19,88 juta pengunjung.

"Polusi membuat kota ini kurang ideal untuk kunjungan jangka panjang, namun makanannya tidak tertandingi," ujar James Donnelly, 31, turis dari Inggris yang mengunjungi Bangkok dalam perjalanan menuju Vietnam.

Selain Bangkok, di wilayah Asia ada Osaka di Jepang yang menunjukkan pertumbuhan pengunjung internasional tertinggi dalam tujuh tahun terakhir, menarik turis-turis dari negara-negara tetangga, terutama China dan Korea Selatan, menurut Mastercard.

Ibukota Inggris ada di posisi teratas tahun 2015, namun Mastercard tidak menyebutkan mengapa pamornya turun bagi para pengunjung tahun ini. Kedua kota itu telah ada di peringkat teratas dalam sejarah pemeringkatan Mastercard. [hd]

XS
SM
MD
LG