Tautan-tautan Akses

AS

Laporan Media: Trump Akan Ganti Menlu dengan Direktur CIA


Presiden Donald Trump didampingi Menteri Luar Negeri Rex Tillerson, di Manila, Filipina, saat menghadiri KTT, 14 November 2017.

Menteri Luar Negeri Rex Tillerson tampaknya terancam lagi kehilangan jabatannya setelah muncul laporan baru, Kamis (30/11), bahwa Presiden Donald Trump berencana menggantinya dengan Direktur CIA, Mike Pompeo, dalam beberapa pekan.

Beberapa harian, mengutip sumber-sumber Gedung Putih yang tidak disebut namanya, mengatakan hubungan antara Trump dan Tillerson menjadi sangat tegang selama setahun terakhir ini dan Trump akan menggantinya dengan Direktur CIA yang memiliki hubungan lebih baik dengan Trump.

Senator Arizona Tom Cotton, sekutu dekat Trump dalam isu keamanan nasional, kabarnya akan menggantikan Pompeo menjadi Direktur CIA.

Juru bicara Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders, berusaha untuk tidak membesar-besarkan laporan itu, Kamis, dan mengatakan “jika presiden kehilangan kepercayaan pada seseorang, orang itu tidak layak lagi menduduki jabatannya.”

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Heather Nauert, juga memberikan berhati-hati dalam memberikan tanggapan dengan mengatakan Tillerson masih menjabat dan akan melakukan lawatan ke Eropa pekan depan sesuai rencana.

Beberapa media berita melaporkan bahwa perombakan tim keamanan nasional Trump sudah dipertimbangkan selama berbulan-bulan, meskipun tidak jelas apakah Trump sudah mengambil keputusan. [ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG