Tautan-tautan Akses

Lalu Lintas Udara di Eropa Hampir Normal


Terhentinya penerbangan di Eropa akibat abu vulkanik letusan gunung berapi di Islandia telah mengakibatkan kerugian sedikitnya 1,7 milyar dolar.

Badan pengawas lalu lintas udara Eropa mengatakan penerbangan komersial diharapkan pulih ke tingkat normal diseluruh kawasan itu pada hari Kamis.

Eurocontrol hari Rabu mengeluarkan pernyataan yang mengatakan jadwal penerbangan bisa beroperasi di tingkat hampir 100 persen hari Kamis, seminggu setelah abu gunung berapi dari Islandia menyelimuti benua itu dan membatalkan banyak penerbangan dan membuat jutaan penumpang terdampar.

Badan itu mengatakan kegiatan penerbangan di Eropa hari Rabu sudah mencapai hampir 80 persen, dan penerbangan antar Atlantik sudah kembali normal.

Tetapi untuk memulihkan jadwal penerbangan karena banyaknya penundaan diperkirakan akan memerlukan beberapa hari.

Seorang pejabat industri mengatakan terhentinya penerbangan mengakibatkan kerugian sedikitnya 1,7 milyar dolar. Kepala Asosiasi Perhubungan Udara Internasional, Giovanni Bisignani, hari Rabu menyebut kerugian tersebut “mengenaskan," dan menghimbau pemerintah Eropa mencari cara membantu maskapai penerbangan untuk pulih dari kerugian.

XS
SM
MD
LG