Tautan-tautan Akses

KTT Pemimpin AS, Korut, Dihadapi dengan Optimisme dan Kehati-hatian


Kepala keamanan nasional Korea Selatan Chung Eui-yong memberikan keterangan kepada Presiden A.S. Donald Trump di Oval Office, Gedung Putih, Washington DC, 8 Maret 2018, mengenai kunjungannya ke Korea Utara.

Diterimanya undangan untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Pyongyang selambat-lambatnya bulan Mei oleh Presiden Amerika Donald Trump, guna membahas diakhirinya program nuklir Korea Utara, dihadapi dengan optimisme yang disertai kehati-hatian dan keragu-raguan.

Chung Eui-yong, kepala Kantor Keamanan Nasional Korea Selatan, mengumumkan kesepakatan itu Kamis malam (8/3). Ia berada di Washington untuk memberi penjelasan kepada Trump dan para pejabat Gedung Putih, termasuk di antaranya Penasihat Keamanan Nasional HR McMaster, mengenai kemajuan diplomatik yang dicapai dalam kunjungannya ke Pyongyang awal pekan ini. Chung juga menyampaikan undangan lisan dari pemimpin Korea Utara kepada presiden Amerika.

Chung mengatakan, presiden Trump menghargai penjelasan yang ia berikan dan menyatakan akan bertemu Kim Jong-un selambat-lambatnya bulan Mei untuk mencapai denuklirisasi secara permanen.

Baca juga: Gedung Putih: Trump Terima Undangan untuk Perundingan Korea Utara

Chung memimpin satu delegasi diplomatik Korea Selatan yang bertemu dengan pemimpin Korea Utara itu di Pyongyang, Senin (5/3). Setelah itu, ia menyampaikan kesediaan Kim untuk berdialog dengan Amerika mengenai perundingan denuklirisasi, dan ia berjanji akan menghentikan uji coba nuklir dan rudal sewaktu pembicaraan berlangsung.

Sikap Pyongyang, sebagaimana yang dikemukakan Chung, adalah, “tidak ada alasan untuk memiliki senjata nuklir jika keamanan rezimnya dijamin dan ancaman militer terhadap Korea Utara disingkirkan.” [uh]

XS
SM
MD
LG