Tautan-tautan Akses

China Desak Korea Utara dan Amerika Segera Berunding


Menteri Luar Negeri China Wang Yi menghadiri konferensi pers pada Kongres Rakyat Nasional (NPC) yang sedang berlangsung di Beijing, China, 8 Maret 2018.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi telah mendesak Korea Utara dan Amerika Serikat agar mengadakan pembicaraan sesegera mungkin, dan meminta semua pihak untuk mengambil langkah-langkah untuk memajukan situasi, dan memperjuangkan perdamaian.

Dalam pembicaraan awal pekan ini, para pejabat Korea Selatan mengatakan Korea Utara telah menyampaikan tawaran untuk mengadakan pembicaraan dengan Amerika Serikat mengenai normalisasi hubungan dan denuklirisasi.

Banyak yang masih ragu tentang bagaimana bereaksi atas perkembangan itu, yang oleh sebagian analis dianggap bisa menjadi terobosan diplomatik, upaya untuk melemahkan sanksi atau keduanya.

Baca juga: Utusan Korsel Menuju AS untuk Bahas Tawaran Korut

Pada masa lalu, Korea Utara melanggar kesepakatan untuk mengakhiri program nuklirnya dengan imbalan jaminan keamanan dan bantuan ekonomi.

Berbicara kepada para wartawan di sela-sela pertemuan tingkat tinggi tahunan di Beijing, Wang Yi mengatakan walaupun isu tersebut telah menuju ke arah yang benar dan ada secercah harapan, jalan di depan tidak akan mulus.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menggemakan kekhawatiran serupa pada hari Kamis ketika dia mengatakan bahwa banyak “momen kritis” masih terbentang di depan untuk mengakhiri krisis nuklir. [lt]

XS
SM
MD
LG