Tautan-tautan Akses

KSAL Laksamana Siwi, KSAL Australia Bahas Kerja Sama Maritim


Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Siwi Sukma Adji menginspeksi pasukan dalam kunjungan kerja di Australia, Jumat, 19 Juli 2019. (Foto: Dispen TNI AL)

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengadakan pertemuan dengan Kepala Staf Angkatan Laut Australia Vice Admiral Michael Joseph Noonan, Jumat (19/07), di Canberra, Australia.

Pertemuan tersebut adalah rangkaian kunjungan kerja KSAL Laksamana Siwi ke Australia yang berlangsung tiga hari sejak 17 Juli, Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut dalam siaran pers yang diterima oleh VOA.

Dalam kesempatan itu, kedua pemimpin Angkatan Laut membicarakan perkembangan hubungan bilateral dan situasi regional, khususnya mengenai pentingnya menjaga keamanan maritim. TNI AL dan Angkatan Laut Australia sepakat untuk meningkatkan kerja sama untuk latihan dan pelatihan.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Siwi Sukma Adji dan Australian Chief of Navy Michael Joseph Noonan, di Canberra, Australia, Jumat, 19 Juli 2019. (Foto: Dispen TNI AL).
Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Siwi Sukma Adji dan Australian Chief of Navy Michael Joseph Noonan, di Canberra, Australia, Jumat, 19 Juli 2019. (Foto: Dispen TNI AL).

Selama ini, kerja sama TNI AL dan Angkatan Laut Australia sudah terjalin sangat baik, salah satunya diimplementasikan melalui latihan bersama (Latma) Cassoex Exercise New Horizon dan Ausindo Corpat. Kedua negara juga aktif berpartisipasi dalam latihan yang melibatkan berbagai negara seperti Latma Multilateral Kakadu dan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) yang diprakarsai oleh TNI AL.

Selain bertemu dengan KSAL Australia, Laksamana Siwi juga melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Australian Chief Of Defence Force, yang dalam kesempatan itu diwakili oleh Vice Chief of the Australian Defence Force Vice Admiral David Lance Johnston, dan Secretary Department of Defence Gregory Laurence Moriarty. Laksamana Siwi juga bertemu dengan Dubes RI untuk Australia Y. Kristiarto S. Legowo.

Kunjungan Laksamana TNI Siwi beserta beberapa perwira tinggi TNI AL adalah kunjungan balasan lawatan Noonan ke Indonesia pada November tahun lalu. Kemudian pada Mei tahun ini, Siwi dan Noonan bertemu kembali di atas kapal perang Australia HMAS Canberra yang tengah bersandar di Jakarta, saat pelaksanaan IPE-2019 (Indo Pacific Endeavour-2019). [fw/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG