Tautan-tautan Akses

Singapura, Hong Kong, Paris Kota Termahal: Potong Rambut Rp1,7 Juta


Paris didaulat menjadi kota paling mahal di dunia untuk ekspatriat, berdasarkan survei Economist Intelegence Unit (EIU). Posisi nomor satu ini ditempati Paris, berbagi dengan Singapura dan Hong Kong.

Ibu kota Prancis ini menjadi satu-satunya wilayah yang menggunakan mata uang Euro, yang masuk 10 besar. Tahun lalu, Paris berada di urutan kedua, dan berada di urutan ketujuh pada 2017.

Paris menjadi kota termahal, berbagi posisi dengan dua kota di Asia.
Paris menjadi kota termahal, berbagi posisi dengan dua kota di Asia.

Paris “sangat mahal,” tulis laporan itu. Harga rata-rata pakaian jas kerja lelaki disebut mencapai €1,700 atau sekitar Rp27 juta.

Sementara upah potong rambut perempuan di Paris biayanya sekitar €106 atau Rp1,7 juta. Di Hong Kong, potong rambut harganya Rp1,5 juta. Biaya potong rambut mencapai Rp1,3 juta di Singapura.

EIU mengungkapkan ini adalah untuk pertamakalinya dalam lebih dari 30 tahun terakhir, ada tiga kota yang berada di posisi teratas. Tahun lalu Singapura yang memuncaki daftar ini.

Daftar 10 besar didominasi kota-kota Asia dan Eropa. Osaka dan Seoul berada di tempat kelima dan ketujuh. Zurich (4), Jenewa (5) dan Kopenhagen (7) juga masuk daftar ini.

Osaka, Jepang, berada di peringkat kelima termahal.
Osaka, Jepang, berada di peringkat kelima termahal.

Di Amerika Utara, kota-kota yang masuk daftar adalah New York, juga di posisi 7, dan Los Angeles di posisi 10, berbagi dengan Tel Aviv.

Apa saja yang masuk penilaian?

Nilai mata uang, inflasi, devaluasi dan kondisi politik masuk dalam penilaian, kata EIU yang menyurvei 133 negara di seluruh dunia.

Selain itu, EIU juga membandingkan harga 160 produk dan jasa, termasuk makanan, minuman, pakaian, biaya sewa rumah, transportasi, pendidikan dan hiburan.

Survei ini bertujuan untuk membantu berbagai perusahaan untuk menghitung tunjangan untuk karyawan asing dan staf yang berkunjung dari luar negeri.

Karakas, Venezuela menjadi kota termurah, salah satunya sebagai dampak memburuknya ekonomi.
Karakas, Venezuela menjadi kota termurah, salah satunya sebagai dampak memburuknya ekonomi.

Di sisi kota yang paling murah, Karakas (Venezuela) menggeser Damaskus (Suriah), sebagai kota paling murah di dunia.

“Seperti Damaskus dan Karakas, banyak kota yang masuk daftar paling murah sebagai dampak memburuknya kondisi politik dan ekonomi negaranya,” tulis EIU.

Sejumlah negara Asia masuk daftar termurah ini: Bengaluru (129), Karachi (127), Chennai (125) dan New Delhi (123) berada di posisi-posisi bawah.

10 Kota Paling Mahal

1. Singapura (Singapura)

1. Paris (Prancis)

1. Hong Kong (Hong Kong)

4. Zurich (Swiss)

5. Jenewa (Swiss)

5. Osaka (Jepang)

7. Seoul (Korea Selatan)

7. Kopenhagen (Denmark)

7. New York (Amerika)

10. Tel Aviv (Israel)

10. Los Angeles (Amerika)

10 Kota Paling Murah

1. Karakas (Venezuela)

2. Damaskus (Suriah)

3. Tashkent (Uzbekistan)

4. Almaty (Kazakhstan)

5. Bengaluru (India)

6. Karachi (Pakistan)

6. Lagos (Nigeria)

7. Buenos Aires (Argentina)

7. Chennai (India)

8. New Delhi (India)

XS
SM
MD
LG