Tautan-tautan Akses

AS

Kota di Ohio akan Langsungkan Pemakaman Mahasiswa AS yang Ditahan Korut


Mahasiswa AS, Otto Frederick Warmbier, saat masih ditahan pihak berwajib di Korea Utara (foto: dok).

Kota Wyoming, negara bagian Ohio, yang merupakan tempat kediaman Otto Warmbier – mahasiswa berusia 22 tahun yang ditangkap hampir 1,5 tahun lalu di Korea Utara sebelum dipulangkan ke Amerika dalam kondisi koma dan kemudian meninggal – berencana melangsungkan pemakaman pemuda itu.

Pejabat-pejabat Wyoming mengatakan upacara mengenang Otto Warmbier akan dilangsungkan Kamis pagi (22/6) di auditorium SMA Wyoming. Meskipun acara ini terbuka untuk publik, media hanya diijinkan berada di luar sekolah dan di luar makam. Setelah acara itu pihak keluarga berencana merilis foto-foto Otto.

Pihak koroner di Hamilton County masih berupaya mengetahui kondisi dan penyebab kematian Otto hari Senin (19/6) kurang dari satu minggu setelah ia dipulangkan ke Amerika.

Mahasiswa Universitas Virginia itu dituduh berupaya mencuri poster propaganda ketika berkunjung ke Korea Utara, dan didakwa melakukan tindakan subversif. Ia dijatuhi hukuman kerja paksa selama 15 tahun, tetapi sejak April 2016 lalu ia dikabarkan tidak sadarkan diri. [em/ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG