Tautan-tautan Akses

Kostrad Bertanggungjawab atas Insiden di Purworejo, 2 Tewas


Sedikitnya tiga kendaraan tempur jenis tank diikutsertakan dalam outbound di Purworejo, Minggu pagi (9/3). Salah satu di antaranya terperosok ke sungai, dua tewas. (Foto courtesy : Kostrad)

Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) menyatakan bertanggungjawab atas insiden kecelakaan di Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu (10/3) yang mengakibatkan tewasnya dua orang, termasuk seorang personil TNI. Hal ini disampaikan Kepala Penerangan Kostrad Letkol. Inf. Putra Widyawinaya ketika dihubungi VOA melalui telepon beberapa jam lalu.

Lebih jauh Kostrad akan membentuk tim investigasi untuk mengusut tuntas insiden yang terjadi di Sungai Bogowonto itu agar tidak terulang lagi di kemudian hari.

Kecelakaan yang melibatkan kendaraan tempur milik Yonif Mekanis Raider 412/6/2 Kostrad di Sungai Bogowonto, Purworejo, Jawa Tengah itu terjadi ketika sejumlah personil Kostrad ikut serta dalam kegiatan outbound yang melibatkan beberapa taman kanak-kanak dan pendidikan dasar usia dini (PAUD) di Purworejo. Salah satu kegiatan outbound itu adalah mengajak anak-anak naik tank mengelilingi asrama Kostrad.

Putaran pertama dengan menggunakan tiga tank berjalan lancar, tetapi dalam putaran kedua, salah satu tank yang membawa 17 siswa terperosok ke dalam sungai dan sebagian penumpang hanyut terbawa derasnya aliran sungai. Dua orang meninggal dunia, yaitu Pratu Randi Suryadi dan kepala sekolah PAUD Ananda-Iswandari. Seluruh siswa berhasil diselamatkan.

Menurut informasi, acara outbound seperti ini sudah sering dilangsungkan guna menanamkan rasa cinta lingkungan sekitar pada anak sejak masih dini. Belum pernah ada kecelakaan dalam acara-acara sebelumnya.

“Kami berbelasungkawa kepada keluarga korban dan masyarakat terkait peristiwa kecelakaan kendaraan tempur ini, dan akan mengusut tuntas hal ini,” tegas Widyawinaya. [em]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG