Tautan-tautan Akses

Korut Kecam Ukraina Karena Putuskan Hubungan


FILE: Bendera Korea Utara di kantor Kedutaannya di Kuala Lumpur, Malaysia, 9 Maret 2017. (REUTERS/Edgar Su)
FILE: Bendera Korea Utara di kantor Kedutaannya di Kuala Lumpur, Malaysia, 9 Maret 2017. (REUTERS/Edgar Su)

Korea Utara, Jumat (15/7), mengecam Ukraina karena memutuskan hubungan diplomatik antara kedua negara, setelah Pyongyang mengatakan secara resmi mengakui dua republik pro-Rusia yang memproklamirkan diri di wilayah timur negara yang dilanda perang itu.

Ukraina mengatakan, Rabu (13/7), pihaknya memutuskan hubungan resminya dengan negara bersenjata nuklir itu sebagai tanggapan atas pengakuan Pyongyang terhadap apa yang disebut Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk.

Langkah Korea Utara dilakukan setelah sekutu Rusia lainnya, Suriah, melakukan hal yang sama bulan lalu."Ukraina tidak memiliki hak dan kualifikasi untuk mempermasalahkan bagaimana Korea Utara mempraktikkan hak kedaulatannya yang sah," kata juru bicara kementerian luar negeri di Pyongyang sebagaimana dikutip oleh kantor berita resmi KCNA.

Juru bicara itu juga menuduh Kyiv melakukan tindakan "yang bertentangan dengan sikap ketidakberpihakan dan keadilan dalam hubungan negara-ke-negara sementara menyelaraskan diri dengan AS", yang menurutnya telah mendorong "kebijakan bermusuhan yang tidak masuk akal dan ilegal" dengan Korea Utara.

Rusia mengakui kedua republik yang memproklamirkan diri itu tak lama sebelum meluncurkan invasi ke tetangganya yang pro-Eropa, Ukraina, pada 24 Februari.

KCNA mengatakan Kamis pagi bahwa negara itu "memutuskan untuk mengakui kemerdekaan Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk dan menyatakan keinginan untuk mengembangkan hubungan antarnegara dengan kedua republik itu dalam semangat kemerdekaan, perdamaian dan persahabatan". [ab/uh]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG