Tautan-tautan Akses

Roket-Roket Ukraina Hantam Wilayah di Selatan Yang Dikuasai Rusia


(FILE) Pasukan Rusia melempari granat kejut ke arah para demonstran yang memprotes invasi Rusia di Ushakova Avenue, Kherson, Ukraina, 21 Maret 2022.
(FILE) Pasukan Rusia melempari granat kejut ke arah para demonstran yang memprotes invasi Rusia di Ushakova Avenue, Kherson, Ukraina, 21 Maret 2022.

Para pejabat Ukraina dan Rusia memberi pernyataan yang berbeda pada hari Selasa mengenai serangan Ukraina di wilayah Kherson, Ukraina Selatan.

Menurut pihak Ukraina, sebuah roket jarak jauh menghantam sebuah gudang amunisi Rusia di Nova Kakhovka, menewaskan 52 tentara Rusia.

Rusia mengatakan serangan Ukraina itu menghantam infrastruktur sipil.

Juga Selasa, kementerian pertahanan Inggris mengatakan pasukan Rusia terus mencapai “kemajuan teritorial tambahan” di provinsi Donetsk, daerah di Ukraina Timur di mana Rusia memusatkan upayanya.

Pernyataan Inggris itu menyebutkan bahwa Rusia kemungkinan besar mempertahankan tekanan terhadap pasukan Ukraina sambil “menggalang kembali kekuatan dan mengatur lagi serangan lebih lanjut dalam waktu dekat.”

Para pejabat di kota Chasiv Yar, Donetsk, mengatakan korban tewas akibat serangan rudal Rusia terhadap sebuah gedung apartemen meningkat menjadi 34, dengan sembilan orang berhasil diselamatkan dari tengah reruntuhan.

Gedung apartemen lima lantai itu hancur akibat serangan roket hari Sabtu.

Chasiv Yar terletak sekitar 20 kilometer sebelah tenggara Kramatorsk, kota yang diperkirakan akan menjadi target utama pasukan Rusia sewaktu mereka mendesak lebih jauh ke arah barat ke provinsi Donetsk, setelah mengklaim kemenangan sepekan silam di provinsi tetangganya, Luhansk. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG