Tautan-tautan Akses

Korsel, China Sepakat Ambil Tindakan Terhadap Korut


Utusan Khusus Deplu AS untuk Kebijakan Korea Utara Sung Kim (kiri) mengamati utusan dari Korea Selatan, Kim Hong-kyun saat memberikan keterangan kepada pers dalam konferensi bersama seusai pertemuan di Seoul, Korea Selatan, 13 September 2016 (Foto: dok).

Korea Selatan dan China mengatakan mereka telah sepakat akan mengambil tindakan kuat terhadap Korea Utara kalau Pyongyang melakukan lagi percobaan nuklir dan misil balistik antar benua.

Utusan nuklir dari negara-negara tetangga Korea Utara itu, Kim Hong-kyun dan Wu Dawei, membicarakan perkembangan terbaru hari Senin di Seoul.

Hari Minggu, penasehat Keamanan Nasional Amerika, H.R. McMaster, mengatakan Presiden Donald Trump telah meminta kepada para pejabat agar memberinya opsi untuk menghilangkan ancaman Korea Utara yang bersenjata nuklir.

Sementara gugus penyerang Angkatan Laut Amerika berlayar menuju Semenanjung Korea untuk mengirim pesan kepada Korea Utara, McMaster mengatakan kepada Fox News, “ini adalah rejim jahat yang sekarang rejim bersenjata nuklir. . . Jadi, presiden telah meminta kepada kami untuk siap memberinya berbagai opsi untuk menghilangkan ancaman terhadap rakyat Amerika dan sekutu kita dan mitra-mitra kita di kawasan itu.”

McMaster menggambarkan keputusan Amerika untuk mengirim kelompok kapal penyerang Carl Vinson guna mengamankan kepentingan Amerika di Pasifik Barat sebagai keputusan yang bijaksana. Ia mengatakan bahwa Trump dan Presiden China Xi Jinping sependapat dalam pertemuan puncak mereka di Florida pekan lalu bahwa “tingkah-laku provokatif” Pyongyang mengembangkan senjata nuklir tidak dapat diterima.

“Presiden-presiden sebelumnya dan Presiden Trump sependapat ini tidak dapat diterima, bahwa yang harus terjadi adalah semenanjung itu bebas nuklir,” kata McMaster. [gp]

XS
SM
MD
LG