Tautan-tautan Akses

Korea Utara Mulai Latihan Artileri dengan Peluru Tajam


Layar televisi di sebuah stasiun kereta api di Seoul, Korea Selatan, melaporkan berita terkait latihan artileri Korea Utara di dekat perbatasan wilayah sengketa kedua negara (29/4).
Layar televisi di sebuah stasiun kereta api di Seoul, Korea Selatan, melaporkan berita terkait latihan artileri Korea Utara di dekat perbatasan wilayah sengketa kedua negara (29/4).

Para pejabat militer Korea Selatan mengatakan Korea Utara menembakkan 50 tembakan artileri, Selasa (29/4) dalam latihan artileri peluru tajam dekat perbatasan laut sebelah barat, yang disengketakan dengan Korea Selatan.

Korea Utara telah memulai latihan artileri peluru tajam dekat perbatasan laut sebelah barat yang disengketakan dengan Korea Selatan.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Seoul Kim Min-seok mengatakan hari Selasa (29/4) Korea Selatan diberitahu oleh Pyongyang mengenai latihan yang direncanakan itu.

Para pejabat militer Korea Selatan mengatakan Korea Utara menembakkan 50 tembakan artileri dan bahwa tidak ada peluru yang mendarat di wilayah Korea Selatan.

Korea Utara mengadakan latihan serupa bulan lalu. Beberapa artileri mendarat di perairan Selatan, mendorong Seoul untuk api kembali melintasi perbatasan.

Korea Utara membantah batas Garis Batas Utara, mengatakan itu secara sepihak dipaksakan dan harus ditarik lebih jauh ke selatan.

Latihan seperti ini biasa dilakukan, tetapi biasanya lebih menegangkan hubungan antara kedua rival lama ini, yang secara teknis masih berperang.

Ketegangan sudah lebih tinggi dari biasanya setelah adanya peringatan bahwa Pyongyang mungkin sedang bersiap-siap untuk melakukan uji coba nuklir ke-4.

Dalam lawatan ke Seoul pekan lalu, Presiden Amerika Barack Obama memperingatkan bahwa ujicoba nuklir lainnya hanya akan semakin mengucilkan Korea Utara.
XS
SM
MD
LG