Tautan-tautan Akses

Korea Utara Klaim Amerika Telah Nyatakan Perang


Menlu Korea Utara Ri Yong Ho berbicara di luar Hotel U.N. Plaza, di New York, 25 September 2017 (foto: AP Photo/Richard Drew)

Menlu Korea Utara Ri Yong Ho mengatakan, Amerika telah menyatakan perang terhadap negaranya, dan Pyongyang akan mengambil langkah-langkah balasan kalau diancam, termasuk menembak jatuh pesawat tempur Amerika di kawasan.

Ri secara langsung mengaitkan komentar Presiden Donald Trump pada platform Twitter pada Sabtu. Trump menulis, “Barusan mendengar dari Menlu Korea Utara berbicara di PBB. Mirip dengan Little Rocket Man, mereka tidak akan eksis lebih lama lagi!”

Pada Senin, Menlu Korea Utara menanggapi.

“Mengingat hal ini berasal dari seseorang yang memegang kursi kepresidenan Amerika, ini jelas merupakan pernyataan perang,” kata Ri. “Semua anggota PBB dan seluruh dunia harus ingat bahwa Amerikalah yang pertama-tama mendeklarasikan perang terhadap negara kami.”

Menlu Korea Utara menambahkan, “kami punya hak untuk mengambil tindakan balasan, termasuk menembak jatuh pesawat pembom strategis Amerika, meskipun mereka tidak berada di dalam wilayah udara negara kami.”

Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan, “Kami tidak menyatakan perang terhadap Korea Utara,” ditambahkannya pendapat seperti itu “konyol.” [jm]

XS
SM
MD
LG