Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Mulai Pangkalkan Sistem Anti Misil


Sebuah kendaraan militer A.S. yang merupakan bagian dari sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) tiba di Seongju, Korea Selatan, 26 April 2017.

Korea Selatan mengatakan bagian-bagian dari sistem senjata anti misil buatan Amerika yang banyak dipertentangkan sudah mulai dipangkalkan sehari setelah Korea Utara memamerkan kekuatan militernya.

Pekerjaan memasang sistem senjata yang disebut Terminal High Altitude Area Defense System (THAAD) tahun ini membuat berang Korea Utara, China dan Rusia yang memandang radar kuat sistem itu sebagai ancaman keamanan.

Korea Selatan mengatakan hari Rabu bahwa bagian-bagian yang tidak dirinci dari THAAD sudah dipangkalkan. Seoul dan Washington memang ingin sistem senjata itu dipangkalkan secepatnya guna menghadapi ancaman nuklir dan misil Korea Utara.

Kantor berita Korea Selatan YONHAP mengabarkan ada enam peluncur, beberapa misil buru-sergap dan setidaknya satu radar yang sudah dipangkalkan. Dan menurut Seoul, Korea Utara hari Selasa melakukan latihan dengan peluru tajam. [my/al]

XS
SM
MD
LG