Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Bersedia Berbagi Vaksin COVID-19 dengan Korea Utara


Presiden Korea Selatan Moon Jae-in
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in Senin (14/6) mengatakan bersedia memberikan bantuan vaksin COVID-19 kepada Korea Utara jika negara yang terisolasi itu bersedia menerimanya.

Moon menyampaikan pernyataan itu dalam konferensi pers bersama rekannya dari Austria Kanselir Alexander Van der Bellen setelah pertemuan puncak di Wina, Senin.

Moon mengatakan kepada wartawan jika Korea Selatan menjadi pusat regional untuk produksi vaksin COVID-19, “Korea Utara pasti akan menjadi salah satu negara untuk kerja sama (vaksin). Jika Korea Utara sepakat, kami akan secara aktif melanjutkan bantuan vaksin ke Korea Utara. Pemerintah AS juga secara aktif mendukung bantuan kemanusiaan ke Korea Utara."

Atlet tenis meja putri Korsel, Jeon Ji-Hee menerima suntikan vaksin COVID-19 produksi Pfizer-BioNTech di Seoul (foto: dok).
Atlet tenis meja putri Korsel, Jeon Ji-Hee menerima suntikan vaksin COVID-19 produksi Pfizer-BioNTech di Seoul (foto: dok).

Pada konferensi pers bersama di Washington bulan lalu, Presiden AS Joe Biden mengatakan ia dan Moon tetap sangat prihatin dengan situasi di Korea Utara. Biden mengatakan akan mengirim utusan khusus baru ke Korea Utara untuk membantu memperbarui hubungan.

Dalam komentarnya Senin, Moon mengatakan pengumuman Biden itu “mengirim pesan kuat bahwa Biden menginginkan pembicaraan dengan Korea Utara. Kita berharap Korea Utara menanggapi ini.”

Moon juga mengatakan bahwa Biden menyatakan dukungannya untuk pembicaraan dan kerja sama antar-Korea, yang menurut Moon bisa membantu mengarah pada pembicaraan baru antara AS dan Korea Utara. Menurut kantor berita Associated Press, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pidatonya baru-baru ini mengatakan kombinasi COVID-19, sanksi ekonomi, dan bencana alam membuat negara itu menghadapi salah satu situasi terburuk.

Moon dan Kanselir Austria Sebastian Kurz bertemu Senin dengan wartawan setelah pembicaraan bilateral. Harian Korea Herald melaporkan kunjungan Moon itu adalah yang pertama ke Austria oleh seorang pemimpin Korea sejak kedua negara menjalin hubungan formal pada tahun 1892. Moon tiba pada hari Minggu setelah KTT G-7 di Inggris. [my/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG