Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Akan Segera Kirim Utusan ke Korea Utara


Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berbicara dengan Presiden Presidium Majelis Rakyat Korea, Kim Young Nam. Adik Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, menyaksikan pertemuan itu, di Seoul, Korea Selatan, 11 Februari 2018.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berencana mengirim utusan khusus ke Korea Utara dalam waktu dekat untuk menyiapkan dialog yang lebih berarti antara kedua pihak. Seoul berharap pembicaraan itu bisa membahas perlucutan senjata nuklir Korea Utara.

Kantor kepresidenan di Seoul mengatakan Moon Jae-in memberitahu Presiden AS Donald Trump tentang rencana itu, Kamis (1/3), tetapi tidak dikatakan apa reaksi Presiden Trump.

Pejabat-pejabat Korea Utara yang hadir dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang baru-baru ini mengatakan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ingin mengadakan pembicaraan dengan Moon Jae-in dan Korea Utara juga bermaksud melakukan pembicaraan dengan Amerika.

Moon Jae-in masih belum mengukuhkan komitmennya mengadakan pembicaraan dengan mengatakan kedua Korea pertama-tama perlu menciptakan ‘suasana’ untuk itu bisa terjadi. Trump menjawab ajakan Korea Utara tadi dengan mengatakan pembicaraan dengan Korea Utara akan terjadi hanya dengan kondisi yang tepat.

Amerika sudah mengatakan Korea Utara harus membuat komitmen yang jelas untuk menghapus program nuklir dan misilnya sebelum pembicaraan dapat diadakan. [as]

XS
SM
MD
LG