Tautan-tautan Akses

Korban Tewas Kecelakaan Feri Lestari Maju Tambah Jadi 34 Orang


Kombinasi foto para korban selamat kecelakaan kapal feri KMP Lestari Maju di perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, 3 Juli 2018. (Antara/Relawan BNPB via Reuters)

Korban kecelakaan kapal feri Lestari Maju bertambah menjadi 34 orang, meski kapten kapal sempat mengemudikan kapal ke arah karang untuk memudahkan proses evakuasi, Badan Nasional Penanggulan Bencana mengatakan dalam siaran pers, Rabu (4/7/2018).

Menurut manifes, kapal feri membawa 139 penumpang ketika diterjang cuaca buruk saat mendekati Selat Selayar, Sulawesi. Namun total yang berhasil dievakuasi, termasuk korban tewas, berjumlah 189 orang, kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Sutopo Purwo Nugroho. Sebanyak 155 orang berhasil diselamatkan.

Feri tersebut juga sedang membawa 48 kendaraan ketika tenggelam karena cuaca buruk, Reuters melaporkan mengutip Kementerian Perhubungan.

“Kapten kapal mengandaskan kapal ke karang agar tidak tenggelam dan memudahkan proses evakuasi,” kata Agus H. Purnomo, direktur jenderal perhubungan laut Kementerian Perhubungan, seperti dikutip oleh Reuters.

Seperti diberitakan sebelumnya, kapal kandas sekitar 250 meter dari tepi pantai.

“Kapten kapal dan pemilik kapal adalah dua orang terakhir yang keluar dari kapal penumpang,” kata Agus.

Kecelakaan kapal di Kepulauan Selayar pada Selasa (3/7/2018) adalah yang kedua terjadi dalam dua minggu, setelah feri yang kelebihan muatan tenggelam di Danau Toba, Sumatra Utara. Lebih dari 200 orang tewas dalam kecelakaan feri di Danau Toba, salah satu danau vulkanis terdalam di dunia. [ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG