Tautan-tautan Akses

Korban Tewas Akibat Tanah Longsor di Tana Toraja Naik Menjadi 20 Orang


Para anggota tim evakuasi BASARNAS berusaha mencari korban selamat dalam bencana tanah longsor di Tana Toraja, pada 15 April 2024. (Foto: Basarnas via AP)
Para anggota tim evakuasi BASARNAS berusaha mencari korban selamat dalam bencana tanah longsor di Tana Toraja, pada 15 April 2024. (Foto: Basarnas via AP)

Korban meninggal dunia dalam musibah tanah longsor di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, bertambah setelah tim pencarian dan pertolongan gabungan menemukan dua korban terbaru pada Senin (15/4). Kedua korban, yang ditemukan di Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale, langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada.

Dengan penemuan dua korban terbaru itu, jumlah korban meninggal dunia akibat bencana tanah longsor di Tana Toraja naik menjadi 20 orang. Sebanyak 16 korban ditemukan tewas di Desa Manggau, Kecamatan Makale dan empat korban lainnya ditemukan di Desa Lembang Randan Baru, Kecamatan Makale Selatan.

Tim SAR gabungan menghentikan operasi mereka, meskipun tetap siaga jika ada laporan baru warga yang merasa kehilangan anggota keluarganya.

Upaya pencarian korban sempat terkendala cuaca karena hujan lebat dan kabut, terlebih karena tim SAR menggunakan peralatan seadanya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB) mengirimkan dukungan logistik dan peralatan, serta dana siap pakai (DSP) senilai Rp250 juta untuk operasi penanganan darurat hingga pemulihan, termasuk memenuhi kebutuhan dasar warga yang terdampak. [em/rs]

Forum

Recommended

‚Äč
XS
SM
MD
LG