Tautan-tautan Akses

Korban Tewas Akibat Salju Longsor di Turki Naik Jadi 39


Petugas berupaya melakukan pencarian korban yang tertimbun salju longsor dekat kota Bahcesaray, provinsi Van, Turki, 5 Februari 2020. (Foto: dok).

Usaha pencarian dan pertolongan berlanjut di Turki Timur, menyusul dua salju longsor yang menewaskan puluhan orang dan mengakibatkan sedikitnya dua orang hilang, kata kantor-kantor berita Turki.

Kantor berita swasta DHA mengatakan, satu jasad manusia berhasil ditemukan Kamis (6/2) sehingga meningkatkan jumlah korban tewas menjadi 39.

Tim SAR, dengan dibantu sejumlah anjing, dikerahkan untuk menemukan mereka yang dinyatakan hilang, kata kantor berita Anadolu. Bencana itu sendiri terjadi di jalan raya dekat kota Bahcesaray yang dikelilingi gunung di provinsi Van, yang berbatasan dengan Iran.

Lima orang tewas dan dua orang hilang akibat bencana salju longsor, Selasa malam (4/2). Sekitar 300 orang kemudian dikerahkan sebagai bagian dari tim SAR untuk mencari korban yang hilang.

Sebelum kedua korban yang hilang ditemukan pada Rabu tengah hari, salju longsor kedua terjadi. Korban tewas meningkat. Menteri Kesehatan Fahrettin Koca mengatakan, Kamis pagi (6/2), 47 orang korban masih dirawat di rumah sakit, dengan enam di antara mereka ditempatkan di unit perawatan intensif, namun tidak dalam kondisi kritis.

Upacara khusus untuk mengenang korban tewas telah dilangsungkan. Mereka termasuk 11 polisi, dua petugas pemadam kebakaran, dan sembilan petugas keamanan desa. Peti-peti mayat mereka telah dikirimkan ke kampung halaman mereka masing-masing untuk dikebumikan. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG