Tautan-tautan Akses

Kontrak Messi Bocor di Media, Barcelona Siap Ambil Langkah Hukum


Pemain bintang FC Barcelona, Lionel Messi

Surat kabar Spanyol El Mundo hari Minggu (31/1) membocorkan kontrak terbaru Lionel Messi dengan Barcelona, yang nilainya untuk empat musim mencapai 555 juta euro atau sekitar 673 juta dolar.

El Mundo mengatakan memiliki akses ke dokumen yang ditandatangani Messi dengan klub Catalan itu pada tahun 2017, termasuk pendapatan tetap dan tambahan yang bisa mencapai hampir 138 juta euro atau sekitar 67 juta dolar untuk setiap musim.

Kontrak ini diyakini sebagai yang termahal yang pernah disepakati dengan seorang atlet dalam bidang olah raga apa pun, dan Messi harus membayar pajak atas sekitar separuh dari pendapatannya untuk pemerintah Spanyol.

Menurut laporan itu pemain berusia 33 tahun itu telah mendapatkan lebih dari 510 juta euro atau sekitar 619 juta total dari jumlah keseluruhan kontrak yang disepakati.

Barcelona membantah bertanggungjawab atas dokumen yang bocor itu dan mengatakan mereka akan mengambil langkah hukum terhadap surat kabar tersebut.

“Klub kami menyesalkan publikasi dokumen pribadi yang disetujui atas prinsip kerahasiaan di antara para pihak,” ujarnya dalam sebuah pernyataan. “FC Barcelona dengan tegas menolak bertanggungjawab apapun atas publikasi dokumen ini dan akan mengambil tindakan hukum yang sesuai terhadap suratkabar El Mundo atas segala dampak yang mungkin timbul akibat publikasi informasi ini,” tegasnya.

Klub Barcelona mengatakan memberi “dukungan mutlak pada Lionel Messi, terutama dalam menghadapi setiap upaya untuk mendiskreditkan citranya dan merusak hubungannya dengan entitas tempat kerjanya untuk menjadi pemain terbaik di dunia dan dalam sejarah sepakbola dunia.”

Messi belum menyampaikan komentar apapun tentang laporan itu.

Kebocoran informasi itu terjadi ketika Barcelona berupaya mengatasi utang yang sangat besar, yang sebagian besar merupakan dampak pandemi virus corona. Klub itu telah dipimpin oleh suatu dewan pengawas sementara sejak pemimpin klub Josep Bartomeu mundur Oktober lalu karena mosi tidak percaya. Pemilihan pemimpin baru klub itu dijadwalkan berlangsung 7 Maret mendatang.

Messi telah menjadi anggota klub Barcelona selama hampir 20 tahun dan memenangkan lebih dari 30 gelar, tetapi ia ingin meninggalkan klub itu pada akhir musim lalu karena tidak gembira dengan arah klub itu.

Permintaan pengunduran diri itu ditolak, tetapi ia dapat dengan bebas mundur dari Barcelona pada akhir musim ini.

Barcelona dapat maju ke peringkat ke dua dalam kompetisi Liga Spanyol jika mengalahkan Athletic Bilabo hari Minggu ini (31/1). [em/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG