Tautan-tautan Akses

Konsumsi Jus Buah Tidak Disarankan untuk Anak-Anak Usia Dini


Brigitte Enriquez, 2 tahun, menghabiskan segelas susu saat makan pagi di Howard Area Family Center, Chicago (foto: AP Photo/Nam Y. Huh)

The American Academy of Pediatrics merekomendasikan sebaiknya anak-anak berusia kurang dari satu tahun mengkonsumsi ASI atau susu formula, dan hanya minum jus buah apabila disarankan oleh dokter.

Anak-anak berusia kurang dari satu tahun sebaiknya mengkonsumsi ASI atau susu formula, dan hanya minum jus buah apabila disarankan oleh dokter, menurut the American Academy of Pediatrics. Organisasi tersebut mengeluarkan rekomendasi tersebut lewat jurnal Pediatrics di tengah keprihatinan tentang semakin meningkatnya obesitas dan kerusakan gigi di kalangan anak-anak.

Ini pertama kalinya sejak 2001 sekelompok dokter telah mengkaji rekomendasinya terkait konsumsi jus buah, yang merupakan sumber utama gula dalam asupan makanan.

Antara usia satu hingga empat tahun, anak-anak usia dini tidak boleh mengkonsumsi jus buah lebih dari 118 mililiter, menurut kelompok dokter tersebut. Akademi terebut merekomendasikan agar anak-anak antara usia empat dan enam tahun membatasi konsumsi jus buah tidak lebih dari 177 mililiter per harinya, sementara anak-anak antara usia tujuh tahun dan 18 tahun sebaiknya membatasi konsumsi jus buah tidak lebih dari 236 mililiter.

Pedoman tersebut mengakui jus yang 100 persen alami bisa menjadi bagian asupan pangan yang sehat untuk anak. Namun, kelompok tersebut mengatakan jus buah tidak boleh melebihi 1/2 hingga 2/3 dari takaran yang direkomendasikan untuk asupan buah per harinya.

Apabila jus buah diberikan pada anak-anak usia dini, akademi tersebut tidak menyarankan kepada orang tua untuk mengisikannya ke dalam botol atau cangkir dengan tutup sedotan, yang kemungkinan akan berada di mulut sang anak sepanjang hari, yang menyebabkan timbulnya gigi berlubang. Sebaliknya, direkomendasikan untuk memberikan jus dalam cangkir biasa agar bisa langsung dihabiskan.

Kelompok tersebut sebelumnya telah merekomendasikan agar orang tua menunggu hingga anak berusia enam bulan sebelum memberikan jus buah sebagai bagian dari asupan pangannya. Namun demikian, dengan mempertimbangkan semakin tingginya tingkat obesitas dan berbagai dampak negatif bagi kesehatan lainnya, the American Academy of Pediatrics mengkaji ulang rekomendasinya.

Jus seringkali menjadi minuman pilihan di antara remaja dan anak-anak di AS, yang menurut para pakar lebih mereka pilih ketimbang minum air putih.

Dr. Steven A. Abrams, kepala Departemen Kedokteran Anak di Sekolah Kedokteran Dell di the University of Texas, dan ekan peneliti dari pernyataan kebijakan, mengatakan tidak ada yang “ajaib” dari revisi rekomendasi yang dibuat oleh akademi.

Dell hanya menyatakan kelompok tersebut hanya tidak melihat adanya kebutuhan atau peran yang bermanfaat dari jus buah pada anak-anak yang berusia dini. [ww]

XS
SM
MD
LG