Tautan-tautan Akses

Konstruksi Baru Terlihat di Lokasi Rudal di Korea Utara


Aktivitas di Pusat Peluncuran Satelit Sohae di Tongchang-ri, Korea Utara, 2 Maret 2019. (Foto: dok).

Citra satelit baru mengenai sebuah pabrik tempat Korea Utara membuat peralatan militer yang digunakan untuk meluncurkan rudal jarak jauh menunjukkan adanya pembangunan gedung baru.

Perilisan beberapa gambar dari Planet Labs itu dilakukan di tengah-tengah adanya kekhawatiran bahwa Korea Utara dapat meluncurkan roket atau rudal sementara berusaha mendapat konsesi dalam negosiasi nuklir yang terhenti dengan Amerika Serikat.

Korea Utara telah memperingatkan bahwa “hadiah Natal” apa yang diberikannya kepada Amerika tergantung pada tindakan yang diambil oleh Washington.

Salah satu gambar satelit baru yang diambil pada 19 Desember menunjukkan sebuah pabrik di dekat Pyongyang, tempat Korea Utara memproduksi truk yang digunakan sebagai peluncur bergerak untuk rudal jarak jauhnya.

Pembicaraan nuklir antara Washington dan Pyongyang terhenti sejak pertemuan puncak Februari lalu antara Presiden Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang berakhir dengan berantakan.

Awal bulan ini, Korea Utara melakukan dua uji besar peluncuran roket jarak jauhnya dan lokasi uji coba lokasi mesin rudal di daerah barat laut negara itu. [lt/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG