Tautan-tautan Akses

Kongres Desak Kembalikan Rantai Pasokan Farmasi


Para pekerja di lini produksi obat malaria di pabrik obat di Nantong, Provinsi Jiangsu, 27 Februari 2020.
Para pekerja di lini produksi obat malaria di pabrik obat di Nantong, Provinsi Jiangsu, 27 Februari 2020.

Dalam wawancara dengan Jaringan televisi Fox News pada awal Mei, Presiden Amerika Donald Trump ditanya secara virtual kapan Amerika tidak lagi bergantung pada produsen farmasi asing untuk 94 persen antibiotik yang digunakan di Amerika.

“Saya pikir kita akan menyelesaikannya dalam dua tahun,” jawab Trump. “Semua negara membuat obat-obatan, kecuali kita.”

Penyebaran Covid-19 dan tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap sistem perawatan kesehatan Amerika menggarisbawahi ketergantungan strategis Amerika pada produsen obat-obatan luar negeri. Khususnya impor dari China.

China memegang posisi kunci dalam industri bahan farmasi aktif global (Active Pharmaceutical Ingredients/API), yang memproduksi bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan obat-obatan, dan dalam produksi alat pelindung seperti termometer, alat pelindung diri (APD), dan masker.

Merebaknya virus corona di Wuhan, China, awal tahun ini memicu kecemasan di antara para pakar industri yang khawatir bahwa kekurangan bahan-bahan farmasi aktif akan mengganggu rantai pasokan farmasi dan menciptakan kekurangan obat yang parah di Amerika. [lt/pp]

XS
SM
MD
LG