Tautan-tautan Akses

Kongres AS Masih Alami Kebuntuan untuk Pilih Ketua DPR


Calon Ketua DPR AS dari Partai Republik, Kevin McCarthy, masih belum berhasil meraih dukungan suara yang cukup pada pemungutan suara hari kedua, Rabu (4/1).
Calon Ketua DPR AS dari Partai Republik, Kevin McCarthy, masih belum berhasil meraih dukungan suara yang cukup pada pemungutan suara hari kedua, Rabu (4/1).

Anggota kongres AS mengalami kebuntuan dalam pembicaraan hari Rabu (4/1) untuk memilih Ketua DPR, setelah calon dari Partai Republik, Kevin McCarthy digagalkan oleh para anggota konservatif garis keras.

Majelis rendah Kongres terpaksa melakukan penundaan pemilihan ketuanya hari Selasa setelah anggota kongres dari California itu tidak berhasil mendapat cukup dukungan dalam serangkaian pemungutan untuk jabatan itu - pertama kali terjadi dalam satu abad untuk memenangkan jabatan ketua DPR pada pemungutan suara pertama.

Sebuah faksi sayap kanan yang kecil namun terus berkembang, berjumlah sekitar sepersepuluh dari anggota DPR dari Partai Republik, berulang kali memberikan suara menentang McCarthy, sehingga membuatnya kekurangan 16 suara untuk menang.

Keadaan demikian mengakibatkan Dewan tidak memiliki komite dan tidak dapat mengangkat sumpah para anggotanya atau membuat aturan untuk mengesahkan undang-undang.

Anggota kongres terpilih akan kembali pada siang hari Rabu untuk pemungutan suara keempat, atau menundanya lagi untuk memberikan waktu lebih banyak untuk membuat kesepakatan – dengan 20 anggota kongres dari Partai Republik yang anti-McCarthy. [ps/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG