Tautan-tautan Akses

AS

Kongres AS Hadapi Pekan Sulit


Gedung Capitol (tengah) di Washington saat matahari terbit, 18 Desember 2019. (Foto: AP)

Para anggota kongres AS hingga Minggu (6/12) masih gagal meraih kesepakatan secepat mungkin mengenai bantuan sosial virus corona baru, pendanaan untuk menghindari penutupan pemerintah sementara dan anggaran pertahanan.

Dan waktu semakin sempit.

Undang-Undang (UU) anggaran federal sekarang ini akan berakhir pada 11 Desember. Apabila Kongres gagal menyepakati sebuah perjanjian baru sebelum tanggal itu, dana publik Amerika akan kosong.

Untuk mencegah penutupan sementara operasional pemerintah, Kongres bisa memutuskan untuk mengesahkan UU sementara untuk beberapa hari, untuk memberi waktu hingga Natal untuk menyepakati perjanjian tahunan yang lebih luas pada anggaran 2021.

Para pemimpin Republik dan Demokrat telah mengisyaratkan mereka ingin RUU anggaran baru mengikutsertakan upaya bantuan sosial virus corona. Namun, isu itu telah menjadi perdebatan sengit.

"Kami melakukan upaya super untuk membantu rakyat Amerika secepatnya," kata Senator Demokrat Dick Durbin kepada stasiun ABC.

Para anggota Kongres telah bernegosiasi selama berbulan-bulan untuk mengesahkan RUU semacam itu, tapi masih belum sepakat soal berapa jumlahnya dan apa saja yang akan dibelanjakan. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG